Uncategorized

5 Alasan Memilih Madrasah Aliyah, Kamu Wajib Tahu!

Alasan memilih madrasah aliyah

Alasan Memilih Madrasah Aliyah — Apakah kamu sudah lulus SMP? Lalu, kamu bingung masuk madrasah atau sekolah menengah biasa? Meskipun sekolah formal, calon peserta didik juga bingung dalam menentukan ingin mendaftar ke sekolah yang mana.

Nah, dalam beberapa kasus, orang tua akan menyarankan untuk masuk ke Madrasah karena beberapa alasan. Mungkin, alasan yang paling utama adalah meningkatkan keimanan kepada Allah Subhannahu Wata’ala.

Di sisi lain, ketika kamu memilih madrasah, kamu akan mendapatkan beberapa benefit lainnya. Berikut beberapa alasan memilih madrasah aliyah.

 

6 Alasan Memilih Madrasah Aliyah

Bagi kamu yang lulus SMP dan ada rencana untuk melanjutkan studi, alangkah baiknya kamu masuk Madrasah Aliyah. Kira-kira apa saja alasannya?

1. Melahirkan Tokoh Intelektual

Tidak kalah dengan sekolah umum, alumnus dari MAN memang terkenal dengan religius dan akhlak yang mulia. Contohnya, Buya Hamka, Mahfud MD, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Ahmad Dahlan.

Tokoh intelektual ini melahirkan beberapa gagasan toleransi dan keislaman untuk kemajuan bangsa, serta negara. Tidak heran kalau banyak calon peserta didik yang ingin mengikuti jejak para tokoh tersebut.

 

2. Berbeda dengan Sistem Sekolah Umum

Diketahui, sistem sekolah pada madrasah akan mengedepankan nilai-nilai keislaman dan Pancasila. Madrasah Aliyah akan berbeda dengan sekolah umum dalam segi pengajaran sekaligus sistem belajarnya.

Contohnya, di sekolah umum, tidak ada untuk setoran hapalan rutin. Dalam Madrasah Aliyah, kamu akan diajarkan Al-Qur’an secara mendalam, hadis, dan kitab-kitab keislaman yang belum pernah diajarkan di sekolah umum.

 

3. Memadukan Dua Kurikulum Sekaligus

Diketahui, sekolah umum hanya menerapkan satu kurikulum yang telah dirumuskan oleh Kemendikbudritek. Sementara itu, Madrasah Aliyah menerapkan kurikulum dari Kemendikbudristek dan Kementerian Agama.

Dalam sisi lain, Madrasah Aliyah tetap mempelajari berbagai pengetahuan umum seperti sekolah biasa. Perbedaannya, materi agama akan diperdalam dan diperkuat dengan menanamkan akhlak yang mulia kepada seluruh peserta didiknya.

 

4. Bersaing dalam Prestasi

Tidak hanya berfokus pada akhlak, Madrasah Aliyah akan selalu mewujudkan mimpi siswa sebagai siswa yang beprestasi di bidangnya. Tidak heran kalau siswa-siswa berprestasi juga bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat.

Kamu juga bisa memilih Madrasah Aliyah karena ingin meningkatkan prestasi dalam segi riset ilmiah, vokasional, wirausaha, lingkungan, dan sebagainya.

 

5. Fokus pada 4 Dimensi Pendidikan

Empat dimensi yang dimaksud adalah dimensi pikir, dimensi hati (spiritual), dimensi rasa (estetika), dan dimensi raga (fisik). Jadi, ketika kamu masuk ke Madrasah Aliyah, pelajaran-pelajaran yang akan kamu pelajari tetap berfokus pada 4 dimensi pendidikan.

 

6. Meningkatkan Toleransi

Tidak hanya soal perdalam agama, peserta didik akan selalu mempelajari toleransi dan menghargai kearifan lokal. Hal ini membuat peserta didik tetap menghargai dan menghormati kebudayaan lokal di sekitarnya.

Maka dari itu, Madrasah Aliyah tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

 

Belajar Pengetahuan tentang Madrasah di Smart Educate

Mentor yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya, akan membuat kamu merasa nyaman saat belajar. Mereka akan tetap mendampingi belajar dan mengamati progress belajarmu.

Sistem belajar yang digunakan akan selalu sesuai dengan gaya belajar siswa/i. Tidak heran kalau sistem belajar yang Smart Educate gunakan fleksibel. Selain itu, kami menyatu pada sebuah komunitas sehingga informasi yang tersalurkan dalam satu wadah yang sama.

Alhasil, peserta dan orang tua tidak akan ketinggalan informasi seputar PPDB atau perkembangan belajar siswa/i. Selain itu, komunitas yang dibentuk dapat meningkatkan jalinan relasi sesama siswa/i dan orang tua murid.

Kamu juga tidak akan salah memilih Smart Educate karena kami menyediakan program untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada siswa/i. Tentunya hal ini akan mencetak anak bangsa dengan pandangan rahmatan lil’alamin, serta menghargai budaya lokal.

 

Itulah beberapa informasi seputar alasan memilih Madrasah Aliyah. Jika kamu merasa bingung dalam menentukan metode pembelajaran dan materi belajar yang tepat, silakan kunjungi laman resmi kami, ya. 

 

Oh iya, kamu juga bisa mengikuti website kami dengan membaca berbagai artikel edukasi yang dapat menambah khazanah pengetahuan kamu. Sudahkah kamu berselancar ke fitur-fitur dalam website kami? Tak perlu basa-basi, langsung baca artikel lainnya, ya. 

Leave a Reply