MAN Insan Cendekia

6 Tips Menghadapi Gugup Saat Ujian, Jadi Fokus dan Tenang!

Tips Menghadapi Gugup Saat Ujian

Tips Menghadapi Gugup Saat Ujian — Apakah kamu merasa gugup setiap kali ujian? Sebenarnya rasa gugup yang timbul ketika ujian memang wajar. Namun, jika rasa tersebut terlalu lama, akan berdampak pada mental dan hasil ujian kamu. 

Ditambah, hasil belajar kamu akan sia-sia dengan rasa gugup yang berlebihan. Pastinya kamu tidak mau hal itu terjadi, kan? Berikut tips untuk menghadapi rasa gugup saat ujian. 

 

6 Tips Menghadapi Gugup Saat Ujian

Saat menghadapi ujian, banyak peserta merasa gugup karena beberapa hal, seperti suasana ujian yang tegang, kurangnya penguasaan materi, dan tidak memanajemen suasana diri

 

Rasa gugup ini juga berdampak pada output ujian sehingga menghambat masa depan kamu. Lalu, bagaimana cara menghadapi rasa gugup saat ujian?

 

1. Refleksi Materi dan Istirahat Sebelum Waktu Ujian

Sebagian besar peserta ujian mungkin pernah belajar dengan metode “SKS” atau Sistem Kebut Semalam. Cara tersebut tidaklah efektif karena penyerapan materi kurang maksimal. Ditambah, kamu akan begadang yang bisa merugikan fisik dan mental kamu. Lalu, tips menghadapi gugup saat ujian yang pertama, apa tu?

Lebih baik gunakan metode belajar yang efektif dengan refleksi materi-materi sebelumnya. Hal ini bisa meringankan fisik dan pikiran kamu karena kamu sudah mempersiapkan sejak dini. 

Pada intinya, kamu perlu mempersiapkan sejak beberapa hari sebelum ujian. Untuk refleksi materi, kamu bisa terapkan H-1 pelaksanaan ujian. Dengan ini, kamu ada waktu untuk istirahat agar bisa maksimal dalam pengerjaan ujian.

 

2. Persiapkan Segala Kebutuhan Ujian

Ada beberapa ujian yang membutuhkan persyaratan bagi siswa/i-nya. Contohnya, kartu peserta ujian, kartu pelajar, alat tulis, dan papan tulis. Alangkah baiknya segala kebutuhan ujian disiapkan jauh-jauh hari. 

Dengan hal ini, kamu tidak perlu mencari-cari lagi menjelang hari ujian. Maka dari itu, ujian di sekoah pun lebih tepat waktu dan tidak terburu-buru. Kamu juga lebih fokus untuk beristirahat dan refleksi pengetahuan yang telah kamu pelajari.

 

3. Jaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat penting sebagai tips menghadapi rasa gugup saat ujian. Pastikan kamu menjaga pola makan yang teratur dengan memakan makanan bergizi. Selain itu, kamu juga harus menjaga pola tidur yang cukup dan tidak begadang. 

 

Tidak hanya itu, kamu juga harus sarapan sebelum pelaksanaan ujian. Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa sarapan akan membantu dalam peningkatan daya ingat. Jadi, ujian kamu lebih maksimal dan tidak gugup. 

 

4. Praktekkan Teknik Rileksasi

Acapkali, kamu bisa saja gugup saat pelaksanaan ujian. Ditambah, kamu tidak tahu cara meringankan rasa gugup ini secara singkat. Sebenarnya, ada cara efektif lain, yaitu teknik rileksasi. 

 

Teknik ini dapat membantu dalam menenangkan pikiranmu. Teknik yang paling umum dalam menghadapi rasa gugup saat ujian adalah mengatur napas panjang, memejamkan mata, atau memijat kepala. 

 

Lalu, ada cara untuk menghadapi rasa gugup, yakni memijat tangan secara lembut untuk mengurangi getaran tiba-tiba pada tangan. Bagian yang perlu dipijat adalah ibu jari dan telunjuk. 

 

5. Berikan Motivasi pada Diri Sendiri

Saat kamu gugup dalam ujian, kamu bisa memberikan motivasi pada diri sendiri. Berikan afirmasi positif pada pikiran bahwa kamu bisa melakukannya. 

 

Jika kamu nge-blank, maka tuangkan tulisan yang membuat kamu teringat akan sesuatu. Cobalah untuk menulis kata kunci yang sering kamu pelajari sebelum ujian. Contohnya, jika ujian matematika, maka kamu bisa cantumkan kata kunci, seperti trigonometri, aljabar, aritmatika, dan lain-lain. 

 

6. Meminta Dukungan Kepada Teman

Sebelum ujian mendekat, kamu bisa meminta dukungan dari orang tua atau teman. Di Smart Educate, kamu akan mendapat teman dari berbagai latar belakang. Jadi, menjelang ujian atau tryout, kamu akan mendapat dukungan penuh. 

 

Alhasil, kamu lebih semangat dan menghadapi ujian tanpa rasa gugup. Mau mendapat teman belajar yang sefrekuensi? Kunjungi smart-educate.com. Mentornya berkualitas dan sistem belajar yang dinamis sesuai kemampuan kamu. Jadi, apakah kamu siap berkunjung ke laman resmi kami?

 

Itulah beberapa informasi tentang tips menghadapi gugup saat ujian. Jangan lupa doa dan beribadah kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar ujianmu dipermudah, ya. Jika kamu merasa masih stuck dalam belajar, langsung kunjungi laman resmi kami di smart-educate.com

Leave a Reply