MAN Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Alasan memilih madrasah aliyah

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia untuk menjalani hidupnya.

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman – Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia untuk menjalani hidupnya. Tantangan demi tantangan yang dihadapi di tiap zamannya bisa diatasi dengan adanya pendidikan. Seperti saat ini, manusia sangat memerlukan keterampilan atau kecakapan supaya bisa berkompetisi di era globalisasi, yang mana keterampilan itu diperoleh dari bangku sekolah atau pendidikan.

Pada tahun 2021, berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dari 23.110 sekolah/ madrasah di Indonesia, MAN Insan Cendekia Padang Pariaman menempati posisi 70. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman berlokasi di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

 

Sejarah

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman dalam usia yang ke 2 tahun sudah melewati progres melayani masyarakat semenjak tahun 2016. Program layanan pendidikan dan upaya peningkatan sumber daya sudah dilakukan dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat khususnya di sekitar Kabupaten Padang Pariaman.

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman sudah menjadi salah satu pilihan utama bagi lulusan MTsN dan SMP di Provinsi Sumatera Barat untuk melanjutkan pendidikan, hal ini terbukti dengan tingginya antusias siswa untuk mendaftar sebagai peserta didik di MAN Insan Cendekia Padang Pariaman pada tahun 2017 jumlah pendaftar sebanyak ± 1300 orang, tahun 2018 ± 1500 orang.

Pada tahun 2016, MAN Insan Cendekia hadir di Sumatera Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Padang Pariaman. Terinspirasi oleh MAN Insan Cendekia yang sebelumnya sudah beroperasi dan melahirkan prestasi di ajang nasional dan internasional, pemerintah berusaha untuk mendesiminasikan program ini ke provinsi lain yang ada di Indonesia. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman hadir dalam wujud Boarding School atau sekolah berasrama yang menekankan pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK) yang diselaraskan dengan pengembangan Iman dan Takwa (IMTAK). Lebih jauh lagi, MAN Insan Cendekia Padang Pariaman ingin meneruskan tradisi mencetak kader-kader calon pemimpin bangsa berkualitas di masa mendatang seperti yang telah diamanahkan undang-undang.

 

Sarana dan Prasarana

Berikut ini sarana dan prasarana yang tersedia di MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, di antaranya:

  1. 14 unit Ruang Kelas Belajar
  2. 300 setMoubiler Siswa
  3. 2 Unit Asrama Siswa
  4. 1 unit Kantor ADM
  5. 1 unit Perpustakaan
  6. 1 unit Labor IPA
  7. 1 unit Ruang Multi Media
  8. 1 unit Ruang Serba Guna (Aula)
  9. 1 unit Ruang Klinik
  10. 1 unit Guest House
  11. 1 unit Masjid
  12. 1 unit Dapur dan Ruang Makan
  13. 23 unit Rumah Dinas
  14. 1 paket Sarana Listrik
  15. 6 sumur bor Sarana Air Bersih
  16. 6 unit Lapangan Olah Raga
  17. 4 unit Sarana Jalan
  18. 16 unit WC/ Kamar Mandi
  19. 25 unit Sarana Komputer
  20. 12 unit LCD/ Projektor
  21. 6 unit Laptop
  22. 2 unit Sarana Soundsystem
  23. 2 unit Warless
  24. 15 unit AC
  25. 1 unit Internet

 

Prestasi

Berikut ini beberapa prestasi yang telah diraih oleh siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, antara lain:

  1. Medali Perunggu Kompetisi Sains Nasional Bidang Ekonomi Tahun 2020
  2. Medali Perak Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional bidang Ekonomi 2020
  3. Pemenang Medali Emas Lomba Inight Sociology Competition Jenjang Nasional SMA/ MA Sederajat
  4. Juara 1 Matematika Terintegrasi Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Sumatera Barat
  5. Juara 1 Geografi Terintegrasi Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Sumatera Barat
  6. Medali Perak Olimpiade Sosiologi Nasional NSO-3
  7. Medali Perunggu Olimpiade Sosiologi Nasional NSO-3
  8. Medali perak biang biologi dan ekonomi pada Kompetisi Sains Madrasah Online

 

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

Misi

  1. Menyiapkan calon pemimpin  masa  depan  yang  menguasai  ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat
  2. Menumbuhkembangkan minat, bakat,  dan  potensi  peserta  didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional dan international
  3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan
  4. Menjadikan MAN Insan  Cendekia  sebagai  lembaga  pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri
  5. Menjadikan MAN Insan    cendekia    sebagai    model    dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

 

Keunggulan

Keunggulan MAN Insan Cendekia dibanding madrasah lainnya yaitu:

  1. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran merujuk terhadap standar kualitas di atas standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal
  2. Dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikannya memenuhi kualifikasi yang disyaratkan
  3. Fasilitas pembelajaran yang tersedia memenuhi syarat kesehatan, keselamatan, kenyamanan dan keamanan
  4. Peserta didik harus tinggal di asrama MAN Insan Cendekia yang dikelola secaa profesional
  5. Mengharuskan peserta didik berkomunikasi sehari-hari di lingkungan madrasah dengan menggunakan Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab

Terdapat dua metode pendidikan yang selama ini sudah berjalan di lingkungan Kementerian Agama, yakni metode persekolahan (madrasah) dan metode pendidikan berasrama (pondok pesantren). Dalam praktek sistem persekolahan (Madrasah) berorientasi pada penguasaan ilmu pengetahuan umum, sehingga penguasaan ilmu ke-Islaman belum optimal, sementara sistem pondok pesantren lebih berorientasi pada penguasaan ilmu-ilmu keislaman (Islamic Studies), sehingga penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kurang optimal. Walaupun sudah ada yang berhasil menyeimbangkannya. Hal tersebut mendorong pentingnya ketersediaan pendidikan yang mampu meminimalisasi kelemahan dari kedua model pendidikan tersebut.

 

Profil Lulusan

Profil alumni MAN Insan Cendekia Padang Pariaman yang dicita-citakan adalah alumni madrasah aliyah yang:

  1. Beriman, Bertakwa, Berakhlak Mulia

Harapan untuk alumni siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman bisa mempunyai keislaman yang beriman kepada Allah SWT., Bertakwa kepada Allah SWT., serta berakhlak mulia yang berguna untuk agama, orang tua dan sesama umat manusia.

  1. Berwawasan Kebangsaan

Mempunyai wawasan kebangsaan Ke-Indonesia-an yang mampu menjalankan perubahan ke jalan yang lebih baik untuk Negara Indonesia dan tidak hanya mempunyai wawasan kebangsaan namun juga mempunyai wawasan yang luas di dalam ataupun di luar negeri.

  1. Hafal Al-Quran

Alumni MAN Insan Cendekia Padang Pariaman mempunyai syarat kelulusan dengan hafalan Al-Qur’an minimal 3 juz supaya bisa menjadi dasar dalam diri yang berkarakter Islami dan mempunyai prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

  1. Hafal Hadits

Hafal Hadits minimal 40 hadits (Hadits Arba’in) dan menguasai kitab kuning (al-kutub al-turats)

  1. Terampil Berbahasa

Mahir berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris yang latihan dipraktekkan dalam keseharian yang terjadwal pada setiap bahasa.

  1. Teknologi Informasi

Mahir menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah di latih dalam ktrakurikuler yang di praktekan dalam keseharian dengan perlengkapan sarana dan prasarana seperti internet dan laboraturium komputer.

 

Sebaran Alumni

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman sudah melahirkan dua generasi sejak berdiri dari tahun 2016, dari dua generaasi tersebut 100% diterima di  berbagai perguruan tinggi unggulan baik di luar negeri seperti Rusia, Turki, Tiongkok, dan Malaysia. Untuk dalam negeri terdapat univeritas seperti, UI, ITB, UGM, ITS. UNPAD, UNDIP, UNAND dan lainnya.

Berikut informasi mengenai MAN Insan Cendekia Padang Pariaman yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Leave a Reply