MAN Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia Sorong

MAN Insan Cendekia Sorong

Untuk penerimaan siswa MAN Insan Cendekia Sorong  tahun pelajaran 2022/2023 terdapat dua jalur masuk yang disediakan, yakni Jalur Tes dan Jalur Prestasi.

MAN Insan Cendekia Sorong – Untuk penerimaan siswa MAN Insan Cendekia Sorong  tahun pelajaran 2022/2023 terdapat dua jalur masuk yang disediakan, yakni Jalur Tes dan Jalur Prestasi. Saat ini, MAN Insan Cendekia Sorong menerima kuota peserta didik baru sebanyak 120 siswa saja. Untuk jurusan IPA sebanyak 36 putra dan 36 putri sedangkan untuk jurusan IPS sebanyak 24 putra dan 24 putri.

 

Sejarah

Pada tahun 2013, Provinsi Papua Barat adalah salah satu lokasi yang dibangun MAN Insan Cendekia dengan mengambil lokasi di sorong sebagai tolak ukur.

Pendidikan di bumi cenderawasih kemudian diberikan nama MAN Insan Cendekia Sorong. MAN Insan Cendekia Sorong dibangun diatas lahan seluas 9 Ha yang merupakan HIBAH dari Pemerintah Kabupaten Sorong dan saat ini sedang dalam progres pembangunan  dan sudah dioperasikan untuk kegiatan belajar mengajar sejak Tahun Pelajaran 2016/2017. Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong berdiri pada tanggal 23 Agustus 2016.

Tanggal 23 Agustus 2016 diambil sebagai hari lahir MAN Insan Cendekia Sorong sebab pada waktu itu adalah saat 8 MAN Insan Cendekia diresmikan Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Lukman Hakim Saifuddin dan Penetapan kenegerian ke-8 MAN Insan Cendekia, yaitu MAN IC Sorong ,MAN IC Kota Palu, MAN IC Batam, MAN IC Bengkulu, MAN IC Tanah Laut, MAN IC Sambas, MAN IC Padang Pariaman dan MAN IC Kota Kendari.

MAN Insan Cendekia Sorong dibangun atas kerjasama yang baik antara Pemerintah Kab.Sorong, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat dan Kementerian Agama RI. Lokasi MAN Insan Cendekia Sorong  berada di Jalan Insan Cendekia SP.4 Kelurahan Makbalim distrik mayamuk Kabupaten Sorongn dengan luas tanah kurang lebih 9 hektar yang merupakan tanah hibah dari pemerintah Kabupaten Sorong.

 

Ekstrakurikuler

Di MAN Insan Cendekia Sorong terdapat 21 ekstrakurikuler, diantara terdapat ekstrakurikuler karya ilmiah, pencak silat, olimpiade biologi, english club, kaligrafi, olimpiade fisika, bulu tangkis, keputrian, tilawah, olimpiade geografi/ kebumian, qasidah, pramuka, olimpiade matematika, tenis meja, voli, PMR, bahasa arab, futsal, paskibra dan muhadhorah.

 

Prestasi

Meskipun baru beberapa tahun berdiri, MAN Insan Cendekia Sorong sudah mendapatkan beberapa prestasi diantaranya sebagai berikut:

  1. Medali Emas dan Perak pada OSN Global Youth Action #2 Bidang sejarah tingkat nasional tahun 2021.
  2. Juara 2 dan Juara favorit 3 pada Lomba Menuliis Cerpen tingkat nasional yang diselenggarakan oleh anindita publisher.
  3. Lomba Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Puisi Jendela Sastra Indonesia pada tanggal 11 maret 2022. Siswa tersebut terpilih sebagai kontributor yang karyanya akan dibukukan.
  4. Tim Al-Banjari Tatihil Qulub MAN Insan Cendekia Sorong menjadi juara 1 se-sorong raya dalam ajang festival Banjari.
  5. Tim Tarian dari MAN Insan Cendekia Sorong meraih juara 3 dalam kegiatan UNIMUDA CUP II Kategori Lomba Tarian Tradisional Papua Tingkat SMA/MA/SMK se Sorong Raya.
  6. Medali emas OSN Global Youth Action #2 Bidang kimia tingkat naional tahun 2021.

 

Visi, Misi, Tujuan dan Target

Visi

Terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat. MAN Insan Cendekia Sorong

Misi

  1. Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat.
  2. Menumbuhkembangkan minat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional sampai internasional.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia kependidikan.
  4. Menjadikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri.
  5. Menjadikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong sebagai model dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesia-an, kebangsaan, internasional dan kemanusiaan.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keIslaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Membentuk lulusan yang berkarakter dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

Target

  1. Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Sorong.
  2. Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia Sorong di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 90%.
  3. Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia Sorong selama studi di perguruan tinggi.
  4. Terciptanya kehidupan religius dilingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  5. Siswa Mampu menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz
  6. Siswa mampu menghafal dan memahami, minimal 40 hadits

 

Kurikulum

Struktur Kurikulum Boarding School Insan Cendekia merupakan struktur kurikulum khusus yang disusun untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap perkembangan kompetensi yang dimiliki siswa, agar siswa yang rata-rata berkemampuan tinggi dapat ditumbuhkembangkan secara benar dan tepat ke arah penguasaan IMTAQ dan IPTEK secara seimbang. Dalam pelaksanaannya sekolah Insan Cendekia menggunakan kurikulum nasional dikodifikasi bertaraf internasional yang disesuaikan dengan visi dan misi sekolah, serta dalam rangka mempersiapkan siswanya mampu menghadapi ujian nasional, seleksi masuk ke sekolah dan perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Standar mutu siswa

  • Standar penerimaan siswa dengan seleksi yang mandiri, terintegrasi, terbuka dan akuntabel.
  • Standar kompetensi akademik siswa mnimal dapat menjadi bekal bersaing masuk ke SMA/ PT terbaik di Indonesia.
  • Standar kelulusan 100%, dan dapat diterima di SMA/ Perguruan Tinggi favorit minimal 90%.
  • Standar ketrampilan meliputi empat kecakapan hidup (life skill) yaitu cakap secara personal, akademik, social dan vokasional.
  • Standar kehadiran sangat tinggi (di atas 95%) dan dilayani oleh guru selama 24 jam.
  • Standar perilaku, pembiasaan berperilaku akhlakul karimah baik di sekolah & masyarakat dan menghindari perilaku yang dilarang oleh ajaran agama.
  • Standar berpakaian, sesuai dengan syariat Islam, terutama kemampuan menutup aurat dan nilai-nilai kesopanan dan estetika.
  • Standar prestasi tinggi, yang lebih menitikberatkan pada optimalisasi kompetensi dan kemajuan yang signifikan dari setiap proses pembelajaran.
  • Standar pembinaan siswa, melalui OSIS, ekstra kulikuler, dan bidang keasramaan dengan pembinaan IMTAQ.
  • Standar pelayanan yang prima dan maksimal, baik secara akademis, emosional maupun sosial dengan melalui bimbingan dan konseling, wali kelas, guru asuh, wali asrama, tutorial dsb.

 

Tata Tertib MAN Insan Cendekia

Mencontek atau memplagiat hasil orang lain pantang dilakukan di  MAN Insan Cendekia Sorong. Jika siswa ketahuan mencontek, maka guru tidak akan segan-segan akan memberikan peringatan keras dan memberikan nilai nol. MAN Insan Cendekia Sorong

Di MAN Insan Cendekia Sorong, siswa dan siswi tidak diperbolehkan bersentuhan dengan selain mahromnya. Berikut ini tata tertib MAN Insan Cendekia Sorong, diantaranya :

  1. Apabila ada siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Sorong yang ketahuan merokok, melakukan tindak kekerasan/bullying, dan pelecehan seksual, maka mereka akan disidang juga didampingi dengan orang tua. Lalu dikembalikan ke orang tua.
  2. Tidak diperbolehkan membawa Handphone. Namun disana disediakan Handphone untuk umum.
  3. Tidak diperbolehkan membawa laptop merk Apple. Untuk menghindari kecemburuan sosial dan menghindari ketimpangan sosial yang amat jauh.

Berikut adalah penjelasan mengenai MAN Insan Cendekia Sorong yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Leave a Reply