MAN Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia Jambi

MAN Insan Cendekia Jambi

MAN Insan Cendekia adalah model satuan pendidikan jenjang menengah yang memadukan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pengayaan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas utamanya.

MAN Insan Cendekia Jambi – MAN Insan Cendekia adalah model satuan pendidikan jenjang menengah yang memadukan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pengayaan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas utamanya. Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini MAN Insan Cendekia Jambi menerima sebanyak 120 siswa. Untuk jurusan IPA sebanyak 32 putra dan 40 putri sedangkan untuk jurusan IPS sebanyak 20 Putra dan 28 Putri.

Sekolah ini menerapkan prinsip pencapaian tertinggi dan mendalam, dan terpenting pada keseimbangan antara penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa. MAN Insan Cendekia menyeleksi secara ketat calon siswanya dengan mengadakan tes seleksi yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2010 semua siswanya mendapatkan beasiswa penuh dan parsial di setiap kampus yang ada. Beasiswa penuh ini berlaku hingga tahun 2016, kemudian setelah itu beasiswanya tidak lagi penuh semenjak menjamurnya MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia. MAN Insan Cendekia Jambi

 

Sejarah Pendirian

  • Pada tahun 2004 dicanangkan pendirian MADRASAH ALIYAH UNGGULAN SWASTA menurut surat keputusan Kakanwil Depag. Prov. Jambi Nomor Kw.04.4/4/PP.02.3/618/2004 TANGGAL 3 Desember 2004 perihal pendirian MADRASAH ALIYAH UNGGULAN SWASTA di Kel. Pijoan Kabupaten Muaro Jambi.
  • Pada tahun 2006, Nama Madrasah Aliyah diubah dari nama semula MADRASAH ALIYAH UNGGULAN SWASTA menjadi MADRASAH ALIYAH CENDEKIA JAMBI menurut Keputusan Kakanwil Departemen Agama Prov. Jambi Nomor Kw.04.4/4/PP.02.3/1091/2006 tanggal 20 September 2006.
  • Pada tanggal 27 September 2013, menurut Keputusan Menteri Agama RI Nomor 186 Tahun 2013 tanggal 27 September 2013, Nama Madrasah Aliyah Negeri Cendikia Jambi diubah menjadi MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA JAMBI.

Peresmian perubahan nama ini dihadiri oleh Wamenag Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar di kampus MAN Insan Cendekia Jambi – Kab. Muaro Jambi. Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Gubernur Provinsi Jambi H. Fachrori Umar, anggota Komite III DPD RI Dra. Elviana, sejumlah pejabat eselon II pusat, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Drs. H. Mahbub Daryanto, sejumlah Kepala Kantor Kemenag se Provinsi Jambi, dan Wakil Bupati Kabupaten Muaro Jambi. Dalam kesempatan tersebut, Wamenag menerima sertifikat ISO untuk MAN Insan Cendekia Jambi dan penyerahan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi melalui Wakil Gubernur Provinsi Jambi. MAN Insan Cendekia Jambi

 

Visi, Misi, Tujuan dan Target MAN Insan Cendekia

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

Misi

  • Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat.
  • Menumbuhkembangkan niat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan professional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai model dalam dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

 

Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana yang dimiliki MAN Insan Cendekia Jambi diantaranya terdapat Kelas Gedung Pendidikan, Gedung Asrama Putri, Gedung Asrama Putra, Ruang Kantor Kepala dan Tata Usaha, Gedung Labor Kimia, Gedung Labor Fisika, Gedung Labor Biologi, Gedung Labor Bahasa, Gedung Labor Komputer, Gedung Perpustakaan, Gedung Gedung Serba Guna (GSG), Gedung Sport Hall (Olah Raga dan Seni), Gedung Kantin (Makan Siswa), Gedung Keamanan (Security), Gedung Gudang, Gedung Asrama Pimpinan, Gedung Asrama Guru, Gedung Asrama Guru Bina Asrama, Gedung Guru Natif Speaker, Gedung  Kaur TU, Gedung Rumah Kaca, Gedung Masjid 2, Saung Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran dan Bangunan Gerbang masuk utama. MAN Insan Cendekia Jambi

 

Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran dilakukan baik dalam lingkungan madrasah ataupun diluar sekolah dengan tujuan mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Di MAN Insan Cendekia Jambi terdapat 10 Ekstrakurikuler, diantaranya yaitu :

  1. Paskibra
  2. Pramuka
  3. Kesenian
  4. Olahraga
  5. Team Olimpiade
  6. Language Development Program
  7. Wisata Edukasi
  8. UKS, PMR
  9. Drumb Band
  10. Karya Ilmiah Remaja

 

Keunggulan MAN Insan Cendekia Jambi

MAN Insan Cendekia ini merupakan salah satu sekolah terbaik yang dimiliki negeri ini. MAN Insan Cendekia Jambi tidak hanya mengedepankan IPTEK melainkan juga IMTAQ. MAN Insan Cendekia Jambi mempunyai program Thafidzul Qur’an. 93% siswa sudah hafal 2-5 juz, 4% siswa sudah hafal 10 juz, 2% siswa sudah hafal 20 juz, dan 1% siswa sudah hafal 30 juz. MAN Insan Cendekia Jambi

Keunggulan MAN Insan Cendekia dibandingkan madrasah lainnya, diantaranya :

  1. Pembinaan rutin olympiade
  2. Bimbingan Gurawa (Guru dan Siswa Asuh)
  3. Tahfidz Al Qur’an
  4. Kultum dan diskusi tematik
  5. Kajian kitab
  6. Muhaddatsah, yakni suatu mata pelajaran dari cabang dari bahasa Arab yang di ajarkan di sekolah-sekolah, baik sekolah agama maupun sekolah umum yang harus dikuasai oleh siswa dan praktikkan setiap hari. Tujuan mempelajari Muhaddatsah adalah melancarkan lidah berbahasa Arab dan tidak gugup atau kaku pada waktu berkomunikasi serta Membiasakan murid-murid mendengarkan apa yang di ucapkan secara cepat dan tepat.
  7. Muhadharah, yakni suatu rangkaian kegiatan atau proses, dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan ini dimaksudkan untuk memberi arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah.
  8. Keputrian
  9. Ekstrakurikuler

Kehadiran MAN Insan Cendekia diharapkan mampu memadukan sains-teknologi yang bertumpu pada tiga peradaban, yaitu peradaban teks dan kitab, peradaban ilmu, dan peradaban filsafat. Dengan keterpaduan tersebut, MAN Insan Cendekia diharapkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi ilmu pengetahuan Islam di Indonesia. MAN Insan Cendekia menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal Al-Quran dan Al-Hadits untuk menjiwai seluruh bidang keilmuan yang diajarkan. MAN Insan Cendekia Jambi

Keterpaduan ketiga bidang peradaban ini diharapkan dapat melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat aqidah dan luas pengetahuan agamanya, dan dalam pemikirannya. MAN Insan Cendekia Jambi

 

Tujuan MAN Insan Cendekia

  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesia-an, kebangsaan, internasional dan kemanusiaan.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keIslaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Membentuk lulusan yang berkarakter dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

 

Target MAN Insan Cendekia

  • Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia.
  • Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 90%.
  • Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia selama studi di perguruan tinggi.
  • Terciptanya kehidupan religius dilingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  • Siswa Mampu menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz
  • Siswa mampu menghafal dan memahami, minimal 40 hadits

Berikut penjelasan mengenai MAN Insan Cendekia Jambi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Leave a Reply