MAN Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia Siak

MAN Insan Cendekia Siak

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Siak hari di Riau, lebih tepatnya di Kabupaten Siak Sri Indrapura pada tahun 2015.

MAN Insan Cendekia Siak – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Siak hari di Riau, lebih tepatnya di Kabupaten Siak Sri Indrapura pada tahun 2015. MAN Insan Cendekia Siak beralamatkan di Jalan Pemda km.11, Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. MAN Insan Cendekia Siak hadir dalam wujud pendidikan Boarding School atau sekolah berasrama yang menekankan pentingnya Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) yang diselaraskan dengan pengembangan Iman dan Takwa (IMTAK).

Pendidikan adalah merupakan usaha sadar dan terprogram untuk menciptakan suasana belajar dan pelaksanaan pembelajaran, melalui dorongan aktif terhadap peserta didik untuk memaksimalkan potensi dirinya. Pendidikan membentuk pribadi yang mempunyai  kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

MAN Insan Cendekia Siak merupakan contoh satuan pendidikan jenjang menengah yang memadukan antara Pendidikan Agama Islam dengan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi secara imbang. Dengan keterpaduan tersebut, MAN Insan Cendekia diinginkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. MAN Insan Cendekia menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal al-qur’an dan al-hadis untuk menjiwai semua bidang keilmuan yang dididik. Islam mengembangkan ilmu yang bersifat universal antara ilmu-ilmu qauliyyah yaitu ilmu-ilmu yang berkaitan dengan teks keagamaan, seperti al-qur’an, al-hadis,akidah akhlak, fikih dengan ilmu-ilmu kauniyah, yaitu sains dan ilmu-ilmu empiris-kemasyarakatan.

Pengkajian dan pendalaman keilmuan berangkat dari paradigmab humanistik-etis dengan dukungan strategi yang terpadu. Ilmu-ilmu yang akan diajari di MAN Insan Cendekia, jikalau didasarkan pada nomenklatur keilmuan yang sudah ada pada Standar Isi, terdiri atas  ilmu humaniora (bahasa, sejarah umum dan kebudayaan Islam, demografi), ilmu sosial (sosiologi, ekonomi, geografi sosial) dan ilmu alam (fisika, kimia, biologi, geografi fisik), yang kajian-kajiannyadipadukan dengan ilmu al-qur’an dan al-hadis). Pengkajiannya dilakukan secara collaborative, critical thinking, creativity, communicative (C4) sehingga dapat diinterpretasi secara terus menerus seiring dengan perkembangan zaman.

Keterpaduan ini diharapkan bisa mencetus lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat akidah dan pengetahuan keagamaannya (tafaqquh fiddin), luas dan kritis pemikiran, serta moderat perilaku keagamaan ditunjang dengan penguasaan kompetensi yang ditargetkan.

Keunggulan MAN Insan Cendekia dibandingkan madrasah lainnya yaitu:

  1. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran merujuk pada standar kualitas di atas standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal;
  2. Dikelola berbasis Teknologi lnformasi dan Komunikasi (TIK), dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi yang disyaratkan;
  3. Fasilitas pembelajaran yang tersedia memenuhi persyaratan kesehatan, keselamatan, kenyamanan, dan keamanan;
  4. Peserta didik wajib tinggal di asrama madrasah yang dikelola secara profesional;
  5. Mewajibkan peserta didikberkomunikasi sehari-hari di lingkungan madrasah dengan menggunakan bahasa Indonesia, dan bahasa internasional.

 

Kurikulum MAN Insan Cendekia Siak

Kurikulum adalah komponen terpenting dalam lembaga pendidikan. Proses pencapaian tujuan lembaga pendidikan tergantung pada kurikulum yang digunakan. Kurikulum madrasah sepatutnya dikembangkan secara terarah, terpadu dan sistematis dengan harapan peserta didik bisa menjadi mandiri dan bermotivasi tinggi, didukung oleh keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang Aktif – Inovatif – Kreatif – Efektif – Menyenangkan (PAI KEM).

Pengembangan kurikulum dan pembelajaran MAN Insan Cendekia Siak dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Mengembangkan budaya madrasah yang peduli lingkungan dan mengedepankan nilai-nilai agama Islam dan nilai luhur bangsa
  2. Mengaplikasikan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta metode belajar peserta didik
  3. Mengaplikasikan model pembelajaran abad 21
  4. Melibatkan peran serta keluarga, masyarakat sekitar dan pihak-pihak lainnya

MAN Insan Cendekia Siak melaksanakan kurikulum nasional yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yang dimodifikasi sesuai dengan visi, misi, tujuan dan target MAN Insan Cendekia Siak. Modifikasi kurikulum tersebut berupa penguatan konsep dasar penguasaan IPTEK (basicknowledge of science and technology) dan kurikulum  khas bidang keasramaan.

 

Kegiatan Pembinaan MAN Insan Cendekia Siak

Di MAN Insan Cendekia Siak terdapat beberapa program pembinaan diantaranya yaitu:

Kegiatan Pembinaan Keagamaan

Tujuan dibuatnya kegiatan pembinaan keagamaan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan. Kegiataan ini dilaksanakan oleh guru bina asrama dan guru agama. Target yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu :

  • Terciptanya kehidupan religius di kampus MAN Insan Cendekia Siak
  • Terwujudnya calon pemimpin masa depan yang mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat
  • Adanya pemahaman dan kesadaran yang inhem pada diri peserta didik akan peranan dan tanggungjawabnya sebagai makhluk pengemban amanat dari Allah swt
  • Adanya kesadaran dari peserta didik akan arti penting dan posisi iman dan takwa atau religiusitas dalam kehidupan. Karena itu, mereka dituntut harus mempunyai pemahaman yang holistik pada keseluruhan dimensi kehidupan

Pembinaan Bahasa Asing

Tujuan dilaksanakan program pembinaan bahasa asing yaitu Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbahasa asing peserta didik, meningkatkan penguasaan bahasa asing peserta didik khususnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, untuk menunjang proses pembelajaran dan memberi bekal ketrampilan berbahasa asing peserta  didik untuk bisa bergaul di dunia internasional. Target yang diharapkan dari program ini adalah :

  • Siswa menguasai mufradat-mufradat pada tempat-tempat tertentu, yaitu asrama, masjid, kantin, kelas dan madrasah, kantor madrasah, perpustakaan, dan kampus
  • Siswa dapat mempraktekkan contoh-contoh percakapan dalam komunikasi sehari-hari di madrasah
  • Seluruh siswa terbiasa berkomunikasi berbahasa Arab maupun Inggris dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kampus ataupun di luas kampus

Program Guru Asuh

Tujuan dari program ini yaitu untuk efektifitas dan keberhasilan peserta didik di asrama dalam segala bidang, tentu dibutuhkan manajemen kehidupan peserta didik ketika berada di asrama. Karena seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia tinggal di asrama dan jauh dari orang tua, maka diperlukan peran guru di madrasah sebagai pengganti orang tua dalam bentuk program Guru Asuh, agar perkembangan jiwa peserta  didik bisa baik, karena situasi dan kondisi yang terus terpantau selama 24 jam

 

Kegiatan Ekstrakurikuler MAN Insan Cendekia Siak

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran dilakukan baik dalam lingkungan madrasah ataupun diluar sekolah dengan tujuan mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Kegiatan ekstrakurikuler di MAN Insan Cendekia Siak mencakup 9 cabang, yang dipecah menjadi 21 ekstrakurikuler diantaranya yaitu :

  1. Pramuka
  2. Club OSN (Club Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Geografi, Ekonomi, Kebumian, Komputer)
  3. Bidang Olahraga (Futsal, Volly, Tenis meja, Badminton)
  4. Myres
  5. Club Bahasa (Arabic Club dan English Club)
  6. Jurnalistik
  7. Green generation
  8. Bidang seni (Tari dan Musik)
  9. Paskibra

 

Fasilitas Pembelajaran MAN Insan Cendekia Siak

Berikut ini beberapa fasilitas pembelajaran MAN Insan Cendekia Siak, diantara terdapat gedung pusat pembelajaran terpadu, gedung kegiatan siswa, gedung administrasi, perumahan guru, asrama putra, asrama putri, laboraturium kimia, masjid dan aula.

Berikut penjelasan mengenai MAN Insan Cendekia Siak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply