MAN Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia Pekalongan

By July 19th, 2022 No Comments

MAN Insan Cendekia Pekalongan

MAN Insan Cendekia Pekalongan

MAN Insan Cendekia Pekalongan – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan adalah salah satu prototipe madrasah favorit berbasis asrama di Indonesia. Awalnya MAN Insan Cendekia hanya dibuka di Serpong dan Gorontalo tetapi terus berkembang sampai ke sejumlah kota.

Pada tahun 2013, Kota Pekalongan adalah salah satu lokasi yang dibagun Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia dengan lahan seluas +/- 10 hektar, pada tahun 2015/ 2016 sudah mulai kegiatan belajar – mengajar diiringi dengan pengerjaan penambahan pembangunan untuk melengkapi sarana penunjang pembelajaran. MAN Insan Cendekia Pekalongan berlokasi di Jalan K. H. Ahmad Dahlan, Kelurahan Banyurip Ageng, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan nantinya akan dapat mendongkrak peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah dan perluasan akses pendidikan dengan keunggulan – keunggulan sistem yang dilatarbelakangi dengan sistem pendidikan islami.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan, dalam proses belajar mengajar mengikuti model madrasah yang telah meluluskan alumni terbaik madrasah di Indonesia baik MAN Insan Cendekia Serpong, Gorontalo dan Jambi. MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan Madrasah Aliyah atau MA terbaik di Indonesia berdasarkan rangking LTMPT. MAN Insan Cendekia Pekalongan menempati posisi Madrasah Aliyah terbaik ketiga sesudah MAN Insan Cendekia Gorontalo dengan poin 592,763. MAN Insan Cendekia Pekalongan, Jawa Tengah ini juga mendapatkan peringkat SMA terbaik di urutan 34 di Indonesia, naik 11 tingkat dari rangking tahun sebelumnya. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Visi, Misi, Tujuan dan Target MAN Insan Cendekia Pekalongan

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

Misi

  • Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat.
  • Menumbuhkembangkan niat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan professional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai model dalam dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesia-an, kebangsaan, internasional dan kemanusiaan.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keIslaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Membentuk lulusan yang berkarakter dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

Target

  1. Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Pekalongan.
  2. Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia Pekalongan di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 90%.
  3. Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia Pekalongan selama studi di perguruan tinggi.
  4. Terciptanya kehidupan religius dilingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  5. Siswa Mampu menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz
  6. Siswa mampu menghafal dan memahami, minimal 40 hadits

Akademik MAN Insan Cendekia Pekalongan

Tahun ajaran 2017/2018 MAN Insan Cendekia mengaplikasikan Kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Kurikulum 2013 MAN Insan Cendekia adalah pedoman bagi seluruh civitas akademika MAN Insan Cendekia dalam menjalankan aktifitas di madrasah, supaya penyelenggaraan madrasah bisa dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka mencapai tujuan madrasah. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Struktur Kurikulum Boarding School Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan struktur kurikulum khusus yang disusun untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap perkembangan kompetensi yang dimiliki siswa, agar siswa yang rata-rata berkemampuan tinggi dapat ditumbuh kembangkan secara benar dan tepat ke arah penguasaan IMTAQ dan IPTEK secara seimbang. Dalam pelaksanaannya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia menggunakan kurikulum nasional dikodifikasi bertaraf internasional yang disesuaikan dengan visi dan misi sekolah, serta dalam rangka mempersiapkan siswanya mampu menghadapi ujian nasional, seleksi masuk ke sekolah dan perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Keunggulan MAN Insan Cendekia Pekalongan

Keunggulan MAN Insan Cendekia dibandingkan madrasah lainnya, diantaranya :

  1. Pembinaan rutin olympiade
  2. Bimbingan Gurawa (Guru dan Siswa Asuh)
  3. Tahfidz Al Qur’an
  4. Kultum dan diskusi tematik
  5. Kajian kitab
  6. Muhaddatsah
  7. Muhadharah
  8. Keputrian
  9. Ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra, PMR, English dan Arabic Club, KIR, Olah raga, Kaligrafi, teater, dll)

Kehadiran MAN Insan Cendekia diharapkan mampu memadukan sains-teknologi yang bertumpu pada tiga peradaban, yakni peradaban teks dan kitab, peradaban ilmu dan peradaban filsafat. Dengan keterpaduan tersebut, diharapkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi ilmu pengetahuan Islam di Indonesia. MAN Insan Cendekia menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal Al-Quran dan Al-Hadits untuk menjiwai seluruh bidang keilmuan yang diajarkan. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Keterpaduan ketiga bidang peradaban ini diharapkan dapat melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat aqidah dan luas pengetahuan agamanya, dan dalam pemikirannya. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Profil Lulusan

Profil lulusan MAN Insan Cendekia Pekalongan yang dicita-citakan adalah lulusan Madrasah Aliyah yang :

  1. Beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia;
  2. Berwawasan kebangsaan ke-Indonesia-an;
  3. Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman yang terpadu dengan sains dan teknologi, lingkungan dan masyarakat;
  4. Menguasai kitab kuning (al-kutub);
  5. Hafal Al-Quran minimal 5 Juz;
  6. Hafal Hadits, minimal 40 Hadits;
  7. Terampil berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris;
  8. Terampil dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi;
  9. Cakap, berfikir kritis, peduli, kreatif, dan inovatif;
  10. Memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang kuat;
  11. Mampu mengembangkan kekayaan seni budaya dan kearifan lokal nusantara.

Prestasi MAN Insan Cendekia Pekalongan

Prestasi membanggakan diraih siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan dengan mengukit prestasi diajang nasional Syiar Anak Negeri tahap 3 tahun 2020 yang dicetus Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Usai melewati berbagai tahap seleksi, Afshin Voice MAN Insan Cendekia Pekalongan sukses masuk 3 besar. Hal tersebut tentu sejalan dengan tugas dalam mengembangkan minat dan bakat siswa sesuai dengan potensi mereka masing-masing. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Walaupun MAN Insan Cendekia adalah madrasah akademik dan riset tapi tidak melupakan potensi siswa dibidang lainnya seperti dibidang seni ini. Dengan torehan prestasi oleh siswa, kepala sekolah MAN IC Pekalongan Mashuri mensupport penuh atas kerja keras iswa dan tentunya dari pihak sekolah pun terus mendampingi siswa menuju tahap berikutnya.

Masuk dalam 3 besar merupakan perjalanan panjang dan pengalaman baru bagi peserta. Peluang tersebut terus dimanfaatkan oleh Afshin voice MAN Insan Cendekia Pekalongan. Semantara itu, Abdu Robbih El Kayis selaku mentor dair penyelenggara ajang Syiar anak negeri menyampaikan ajang ini diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia dan saat ini sudah sampai tahap 3 besar. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Berikut artikel tentang MAN Insan Cendekia Pekalongan. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply