MAN Insan CendekiaUncategorized

Kegiatan MAN Insan Cendekia

Kegiatan MAN Insan Cendekia

Kegiatan MAN Insan Cendekia

Kegiatan MAN Insan CendekiaMadrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia adalah Sekolah Menengah Atas berasrama yang dibina oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. MAN Insan Cendekia didirikan pertama kali di Serpong pada tanggal 21 September 1996 atas ide dari Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie. SMU Insan Cendekia di Serpong mulai beroperasi pada tahun 1996, dan menyusul satu tahun kemudian MAN Insan Cendekia di Gorontalo beroperasi pada tahun 1997. Sampai saat ini MAN IC memiliki 23 kampus di seluruh Indonesia. MAN Insan Cendekia menggunakan kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya.

MAN Insan Cendekia ini merupakan salah satu sekolah terbaik yang dimiliki negeri ini. Kegiatan MAN Insan Cendekia tidak hanya mengedepankan IPTEK melainkan juga IMTAQ. MAN Insan Cendekia mempunyai program Thafidzul Qur’an. 93% siswa sudah hafal 2-5 juz, 4% siswa sudah hafal 10 juz, 2% siswa sudah hafal 20 juz, dan 1% siswa sudah hafal 30 juz.

 

Keunggulan Kegiatan MAN Insan Cendekia dibandingkan madrasah lainnya, diantaranya :

  • Pembinaan rutin olympiade
  • Bimbingan Gurawa (Guru dan Siswa Asuh)
  • Tahfidz Al Qur’an
  • Kultum dan diskusi tematik
  • Kajian kitab
  • Muhaddatsah, yaitu suatu mata pelajaran dari cabang dari bahasa Arab yang di ajarkan di sekolah-sekolah, baik sekolah agama maupun sekolah umum yang harus dikuasai oleh siswa dan praktikkan setiap hari. Tujuan mempelajari Muhaddatsah adalah melancarkan lidah berbahasa Arab dan tidak gugup atau kaku pada waktu berkomunikasi serta Membiasakan murid-murid mendengarkan apa yang di ucapkan secara cepat dan tepat.
  • Muhadharah, yaitu suatu rangkaian kegiatan atau proses, dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan ini dimaksudkan untuk memberi arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah.
  • Keputrian
  • Ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra, PMR, English dan Arabic Club, KIR, Olah raga, Kaligrafi, teater, dll)

Kehadiran MAN Insan Cendekia diharapkan mampu memadukan sains-teknologi yang bertumpu pada tiga peradaban, yaitu peradaban teks dan kitab, peradaban ilmu, dan peradaban filsafat. Dengan keterpaduan tersebut, MAN Insan Cendekia diharapkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi ilmu pengetahuan Islam di Indonesia. MAN Insan Cendekia menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal Al-Quran dan Al-Hadits untuk menjiwai seluruh bidang keilmuan yang diajarkan.

Keterpaduan ketiga bidang peradaban ini diharapkan dapat melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat aqidah dan luas pengetahuan agamanya, dan dalam pemikirannya. Kegiatan MAN Insan Cendekia

 

Tata Tertib MAN Insan Cendekia

Mencontek atau memplagiat hasil orang lain pantang dilakukan di MAN Insan Cendekia. Jika siswa ketahuan mencontek, maka guru tidak akan segan-segan akan memberikan peringatan keras dan memberikan nilai nol. Kegiatan MAN Insan Cendekia

Di MAN Insan Cendekia, siswa dn siswi tidak diperbolehkan bersentuhan dengan selain mahromnya. Berikut ini tata tertib MAN Insan Cendekia, diantaranya :

  • Apabila ada siswa dan siswi MAN Insan Cendekia yang ketahuan merokok, melakukan tindak kekerasan/bullying, dan pelecehan seksual, maka mereka akan disidang juga didampingi dengan orang tua. Lalu dikembalikan ke orang tua.
  • Tidak diperbolehkan membawa Handphone. Namun disana disediakan Handphone untuk umum.
  • Tidak diperbolehkan membawa laptop merk Apple. Untuk menghindari kecemburuan sosial dan menghindari ketimpangan sosial yang amat jauh.

 

Visi, Misi, Tujuan dan Target MAN Insan Cendekia

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

Misi

  • Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat.
  • Menumbuhkembangkan niat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan professional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai model dalam dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesia-an, kebangsaan, internasional dan kemanusiaan.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keIslaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Membentuk lulusan yang berkarakter dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

Target

  • Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia.
  • Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 90%.
  • Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia selama studi di perguruan tinggi.
  • Terciptanya kehidupan religius dilingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  • Siswa Mampu menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz
  • Siswa mampu menghafal dan memahami, minimal 40 hadits

 

Kegiatan siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Serpong

Selain bidang akademik, MAN Insan Cendekia Serpong juga mementingkan kemampuan berorganisasi dan bersosialisasi bagi para siswanya agar kelak dapat berperan penting dalam masyarakat. OS-Cendekia, sebutan bagi OSIS MAN Insan Cendekia Serpong dikenal luas sebagai organisasi siswa yang aktif dan inovatif.

Di antara contoh buktinya, adalah OS-Cendekia (OSIS MAN Insan Cendekia Serpong), setiap tahunnya rutin mengadakan tiga acara eksternal besar, yaitu Sonic Linguistic (kegiatan eksternal multi-competition yang diselenggarakan secara nasional, terbuka bagi seluruh siswa-siswi seluruh Indonesia dan digadang-gadangkan ebagai acara organisasi siwa SLTA terbesar di Indonesia) dan I-Care (acara sosial yang terdiri atas berbagai bentuk kegiatan). Selain itu, terdapat juga acara khusus yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan, yaitu I-Fun yang mengadakan berbagai lomba khusus di bidang agama Islam. Kegiatan MAN Insan Cendekia

 

Kegiatan siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Gorontalo

Di sisi lain, OSIS MAN Insan Cendekia Gorontalo pun memiliki program unggulan tahunan berupa perlombaan akbar yang terdiri atas, “THE KING” (berupa Lomba Cerdas Cermat dan OSIC/Olimpiade Siswa IC antar smp sederajat Se-Provinsi Gorontalo) “SCIC” (Scout Competition Of Insan Cendekia/Perlombaan Pramuka antar SMP sederajat) dan “EXCELLENT” sebagai puncak kegiatan osis berupa perlombaan di berbagai bidang sesuai dengan DIVISI OSIS yang ada. Kegiatan MAN Insan Cendekia

 

Kegiatan siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Jambi

OSIS MAN Insan Cendekia Jambi pun memiliki program spektakuler yang diadakan setiap tahunnya yang merupakan ajang kompetisi siswa SMP/MTs/sederajat se-Sumatra dalam bidang olimpiade yaitu “SOCHA (Soul Of Champ)” yang terdiri atas olimpiade Fisika, Matematika, Biologi, IPS, Agama, Bahasa Inggris, Bahasa Arab. Ada pula “OSCAR” yang diadakan di akhir semester sebagai acara puncak classmeeting. Serta ada juga acara “BAKSOS” (Bakti Sosial) yang diadakan oleh OSIS IC Jambi sendiri untuk meringankan beban yatim piatu. Kegiatan MAN Insan Cendekia

Sistem pendidikan di Insan Cendekia, tidak hanya menekankan pada aspek prestasi akademik semata, akan tetapi juga mendidik generasi muda untuk berakhlak mulia yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari. Melalui disiplin yang tinggi terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah dan asrama, sanksi yang tegas, terukur dan berkeadilan diharapkan mampu menciptakan pembiasaan yang terinternalisasi dalam jiwa siswa untuk menjadi bekal baginya untuk terus memelihara akhlak mulia tersebut di kemudian hari.

Itulah beberapa Kegiatan MAN Insan Cendekia yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply